Pages

MONJALI singkatan dari Monumen Yogya Kembali

Selasa, 25 Oktober 2011

Kalian anak yogyakarta? tau dong Museum Monumen Yogya Kembali? nah kalo egag tau kebangeten berarti hehe.. aku aja udah kesana banyak kali ampe egag terhitung.. #info
nih aku jelasin ya dengan ke soktaunku. Monumen Yogya Kembali biasa di singkat MONJALI. Monjali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota ku tercinta ini yang bersih dan damai #katanya Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang berada di bagian utara kota ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata gitu (kemaren aja ada barengan beberapa rombongan anak SD ma ibu")

Museum Monumen ini bentuknya kerucut terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III(RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949 (ada fotonya loh^.^). Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Ada tandu dan dokar juga yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman(di ruang museum nomor 2 tapi sayng egag foto disana). Di antara ruangan yang paling asik buat ambil foto laintai paling atas. Di sana kita di suguhi ke indahan atap yang 3 dimensi.. ada fotonya kok ntr liat aja..
oya aku belum cerita ya aku kesana ma siapa aja.. aku kesana ma 2 orang temen ku yang bener" gila. Yang biasanya tak panggil Upik ma Dewi. Terakhir aku kesana bareng sahabt" ku arra, dinda ma hasna masih 5 ribu tarif karcisnya eh pas kesana lagi bareng upik ma dewi udah naik jadi 7ribu5ratus.. jadi kawand" jangan lupa kesana ya..
oya hati-hati dengan pengemis anak kecil laki" pendek dan hanya menggunakan celana dan kaos porot.. kata orang sekitar dia terkenal nakal jadi harap hati-hati.. soalnya pas itu kita" di nakalin #:D


nb: mau liat picturenya silakan klik ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS