Pages

Jangan Setengah Setengah "Sertifikasi ICT"

Senin, 10 Desember 2012


Dalam sebuah usaha tentu hendaknya dilakukan dengan totalitas sehingga dapat membuahkan hasil yang memuaskan. sebaliknya segala sesuatu yang diupayakan dengan setengah setengah apalagi dengan tergesa gesa hanya akan menghasilkan yang biasa saja. bahkan bisa bisa tidak membuahkan hasil apapun alias nihil. dan hal ini yang telah terjadi pada pada diri saya ketika mengikuti Ujian Sertifikasi ICT  (Information Technologi Communication).


Sejauh sumber yang saya dapatkan  ICT (Information Technologi Communication)  ini berfungsi untuk memperoleh informasi ataupun bertukar informasi dengan menggunakan media komputer ataupun internet. istilah ICT ini muncul ketika ada perpaduan antara teknologi komputer yang didalamnya terdapat perangkat keras dan perangkat lunaknya dengan teknologi komunikasi dan keduanya berkembang dan semakin modern. dengan adanya ICT ini sangat membantu aktivitas keseharian yang dilakukan manusia dalam mengolah data atau memproses data. sertifikat ICT bagi mahasiswa UIN-SUKA digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran MUNAQOSAH dan WISUDA berarti secara tersirat itu hukumnya menjadi wajib.
kususnya bagi mahasiswa baru 2012 ini secara otomatis dalam biaya pendaftaran awal sudah terdapat anggaran untuk pelatihan dan ujian sertifikasi ini. alhasil mau tidak mau harus ikutan.

Well pertama kali belajar di laboratorium komputer benar-benar mood berubah menjadi low ketika melihat materi yang akan disampaikan selama kurang lebih 11 kali pertemuan itu. materi itu adalah word, exel, pp, dan internet. dimana materi materi tersebut sudah didapatkan semua saat SD hingga Aliyah dulu..
hingga pada akhrnya saya hanya melalui setiap pertemuan dengan rasa yang tidak begitu senang, apalagi ketika ditunjang dengan teman seruangan yang tidak satupun saya kenal.

Namun ternayata materi materi dasar yang selama ini saya sepelakan membunuh tuannya sendiri pada ujian sertifikasi tadi.  Terdapat 4 materi ujian dengan waktu 90 menit.  materi pertama mengenai word yang mana diperintahkan untuk membuat kop surat dan yang kedua membuat daftar harga buku yang menggunakan otomatis itu. materi kedua mengenai excel yang mana diperintahkan untuk mengaplikasikan rumus penjumlahan, average, IF, MIN, dan MAX. materi ketiga mengenai powerpoint yang mana hanya menambahkan hyperlink. materi ke empat materi yang terakhr mengenai internet yaitu blog dan yahoo.
dan materi pertama itulah materi yang membunuhku. yang mana saya benar benar tidak melakukan dan menghasilkan apapun di materi pertama -,- benar benar mengecewakan serta memalukan sesungguhnya...

Oke saran buat teman teman ku yang belum ujian perhatikan waktu dan berlatihlah..sudah saya share kisi kisinya.. belajarlah dari kesalahan saya. sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas dan cinta akan menjadikan apa yang dilaksanakan menjadi mudah dan ringan. ayo tumbuhkan rasa ketertarikan dan cinta terhadap pelatihan sertifikasi ICT itu terlebih dahulu walaupun sangat menyita waktu tapi semuanya bermanfaat dan pasti ada hikmahnya kok :).

thks to: 2 mas kaca mata pendamping dosen yang kece kece itu :)
&
buat mas dosen double X sory ya jangan jayus jayus bgt dong pleas ya sering bikin sebel hehe



5 komentar:

  1. makasiiih mbak buat sharenya, semoga ini sangat bermanfaat buat temen-temen semuanya ... aamiin :)

    BalasHapus
  2. sapa tuh yang mearik hatimu? :p

    mas mas kacamata :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ituloh mas yang itu.. aku egak tau namanya juga tapi :D wkwkwk

      Hapus
  3. liad hasil ujiannya dimana?

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS