Pages

sebelas patriot ^andreahirata^ #bagian yang paling mengesankan

Jumat, 29 Juli 2011



betapa ajaib sepak bola. olahraga ini seperti memiliki seribu wajah yang di tatap seribu wajah pula. di beberapa temoat dia bermetamorfosis menjadi semacam agama baru.
semua hal ada dalam sepak bola. terompet memekakkan, kembang api yang di tembakkan dan api suar yang dilambai-lambaikan dari atas pembatas oleh lelaki kurus tak berbaju itu adalah perayaan kegembiraan. bendera raksasa yang berkibar-kibar adalah psikologi. mars penyemangat yang genggap gempita adalah seni.
orang" yang duduk di podium kehormatan di tempat paling nyaman menonton bola adalah politik, dan orang" yang berdasi yang sibuk dengan telpon gemgamnya adalah pembisnis.
lelaki kurus kurus tadi, yang sehari" berdagang asong di gerbong kereta listrik bogor-jakarta, menabung lama demi membeli tiket menonton PSSI lalu berteriak mendukung PSSI sampai habis suaranya, hingga peluit panjang dibunyikan adalh keikhlasan. para pemain menunduk untuk berdoa adalah agama. penjaga gawang memeluk tiang gawang sebelum bertanding adlah budaya. ratusan moncong kamera yang membidik lapangan adalah sejarah. ayah yang membawa anak-anaknya untuk menonton bola adalah cinta. bocah" murid SD IMPRES di pinggiran bekasi yang patungan untuk menyewa angkot, berdesak"an di dalam mobil omprengan demi mendukung PSSI adalah patriotisme. catatan skor pada papan elektronik raksasa yang di tatap dengan perasaan senang yang meluap-luap atau kecemasan yang tak terpikirkan adalah sastra yang tak ada bandingannya. menjadi penggila bola berarti menjadi bagian dari keajaiban peradaban manusia.
INDONESIA INDONESIA INDONESIA..(^.^)// MERDEKA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS